Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

MTQ Ke-10 Tingkat Kabupaten Lombok Utara Resmi Digelar

Tanjung, Prokopim Setda KLU – Dalam rangka mewujudkan Generasi Qur’ani yang berprestasi,cerdas dan religius, Pemda KLU menyelenggarakan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ ) ke-10 tingkat kabupaten Tahun  2024 bertempat di Halaman Kantor Bupati Senin (6/5). Pembukaan sendiri ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Lombok Utara H.Djohan Sjamsu, SH, bersama Wakil Bupati Danny Karter Febrianto Ridawan, ST., M.Eng.

Pada pembukaan saksikan juga Wakil Ketua II DPRD KLU Mariadi, M.Sos., Sekda KLU Anding Duwi Cahyadi, S.STP., MM, Kadis Dikbud NTB DR. H. Aidy Furqan, M.Pd, para asisten Setda, Ketua TP PKK KLU Hj. Galuh Nurdiyah Djohan Sjamsu, Ketua GOW Yunita Aprilina Danny Karter FR, Ketua DWP KLU Baiq Hurniwati Anding Duwi Cahyadi, Kepala PD, Kepala Kemenag KLU Dr. H. Jalalussayuti, M.Pd, , Branch  Manager Bank NTB Syariah Cabang Tanjung Umarta,Camat Se KLU, para kepala desa serta undangan lainnya.

Dihadapan para undangan dan peserta Bupati Djohan menyampaikan bahwa acara keagamaan yang rutin diadakan oleh pemerintah setiap tahunnya yakni MTQ,bahkan penyelenggaraan dimulai dari tingkat desa, kecamatan,kabupaten hingga nasional. 

“Semoga dengan acara ini akan membawa dampak yang positif untuk pembangunan spiritual keagamaan kit,”harapnya.

Lanjut kata Djohan dengan MTQ dapat mengerti setiap isi dalam kandungan Alquran serta dapat mengamalkan isi Alquran dalam kehidupan sehari-hari. 

“Terima kasih kepada pada seluruh peserta dewan hakim yang telah ikut serta berpartisipasi untuk mengikuti MTQ ini, semoga kegiatan ini berjalan lancar,”ucapnya.

“Pesan saya kepada seruluh kafilah untuk mengikuti MTQ ini dengan sungguh-sungguh supaya dapat menghasilkan hasil terbaik dan dapat mewakili KLU di tingkat provinsi dan nasional,”lanjutnya.

Sebelumnya Ketua LPTQ KLU Atmaja Gumbara, SP dalam laporannya mengatakan bahwa MTQ ke 10 tingkat KLU mulai digelar dari tanggal 6 – 10 mei 2024 dengan 8 mata lomba yang terbagi 24 golongan dengan rincian cabang Tilawatil Qur’an,dengan 5 golongan, cabang qiraat 4 golongan,cabang Hifzil Qur’an 5 golongan, cabang tafsir Qur’an dengan 3 golongan,famil Qur’an 1 golongan,cabang khat Qur’an 4 golongan cabang makalah ilmiah Qur’an 1 golongan dan lainnya.

Lebih lanjut kata Atmaja yang juga Asisten I Setda KLU ini lokasi yang digunakan pada MTQ yakni halaman kantor bupati sebagai arema utama, Masjid Agung Baiturrahim Tanjung, Masjid Al Muttaqin Dusun Kandang Kaoq, pondok Tahfiz Nurul Hidayah Gubuk Baru Tanjung dan  SMPN 1 tanjung.

“Jumlah  peserta yang mengikuti MTQ ini yaitu 215 peserta yang terdiri dari 111 laki-laki dan 104 perempuan dengan rincian kafilah kecamatan pemenang 48 orang, Tanjung 48 orang, Gangga 38 orang, kayangan 48 orang dan bayan 33 orang,”bebernya.

“Masing – masing kecamatan mengirim offecil 14 orang sehingga totalnya keseluruhan sama peserta sebanyak 285 orang,”lanjutnya.(pal)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *