Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Wabup Lombok Utara Lepas Peserta Rinjani 100

Bayan, Prokopim Setda KLU-Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto R, ST., M. Eng melepas peserta event Renjani 100 bertempat di Depan Kantor Desa Senaru (25/5). Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kadis Pariwisata KLU Denda Dewi Trisna Budiastuti SE, Camat Bayan Katiadi SP, Kapolsek Bayan serta undangan lainnya. 

Dimana Rinjani 100 Ultra  berlangsung pada 24 hingga 25 Mei 2024 dengan berbagai katagori mulai dari 162 km yang star dari Blanting, 36 dan 27 Sembalun  Lotim, sedangkan  100 dan 60 KM  star dari Senaru Lombok Utara. 

Rinjani 100 Ultra merupakan salah satu event trail running bergengsi di Indonesia yang menarik peserta dari berbagai negara dengan menantang para pelari untuk menaklukkan medan berat di Gunung Rinjani, Pada tahun 2024 sebanyak 43 negara yang turut berpartisipasi pada event internasional. 

Sebelum melepas Wabup Danny menyampaikan dengan dilaksanakan Rinjani  100 yang merupakan salah satu event internasional  hadir tentunya sebagai kebanggaan bagi Lombok Utara. 

“Kedepannya event seperti ini dapat terus kita laksanakan setiap tahunnya,”katanya.

Dimana Senaru sebagai salah satu pintu masuk ke Gunung Rinjani, dengan keindahan alam yang dimiliki Desa Senaru memiliki beberapa tempat wisata seperti air terjun, budaya yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. 

Adanya event seperti ini sebagai media promosi parawisata daerah dan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat. 

“Selamat berlomba mari kita sukseskan kegiatan ini, dan kita harapkan bisa berjalan dengan lancar hingga finish,”ucapnya.

Sementara itu Panitia Penyelenggara Rinjani 100 Dian Rahmat Sukmara menerangkan bahwa setiap tahunnya event Rinjani 100 dilaksanakan, namun untuk KLU sendiri baru bisa digelar tahun 2024 setelah sebelumnya terhenti akibat gempa dan Covid. 

“Pada tahun 2024 event ini mengambil lokasi star di dua wilayah yakni Lotim tempatnya di Sembalun dan pantai Belanting sedangkan KLU di Desa Senaru,”katanya.

 Masih kata Dian untuk katagori lomba sendiri yang mana di Senaru mendapatkan dua katagori yakni 100 dan 60 KM,sedangkan untuk katagori 162 , 27,36 KM di Lombok Timur. 

“Secara keseluruhan event Rinjani 100 diikuti oleh 43 negara dan katagori yang paling banyak di ikuti yakni di katagori 36 KM,”katanya. 

Kegiatan event Rinjani 100 sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah melalui sektor pariwisata dan ekonomi dimana setiap tahunnya  penyelenggaraan Rinjani  100 mendapatkan suport dari Kemenpatef. 

“Dikarenakan antusias para peserta Rinjani 100 begitu tinggi baik dari peserta Asal Indonesia maupun Mancanegara tentunya harapan event berjalan lancar, para peserta yang ikut dapat finish dengan sehat,” harapnya.(den)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *