Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Bupati Lombok Utara Bersama Dirjen Dukcapil Resmikan Kantor Dukcapil KLU

Gangga, Prokopim Setda KLU-Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH, bersama Dirjen Dukcapil Kemendagri Dr. Drs. H. Teguh Setyabudi, M.Pd, meresmikan Gedung Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara yang bertempat di Dusun Karang Kates Desa Gondang (19/9). 

Peresmian sendiri ditandai dengan Penandatanganan prasasti ini turut disaksikan oleh Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto R, ST., M.Eng, Ditektur Dafdukcapil Kemendagri Drs. Akhmad Sudirman Tavipiyono, MM., MA, para Anggota Forkompimda KLU, Kadis Dukcapil Provinsi NTB Ahmad Nur Aulia S.STP, Para Kadis Dukcapil kabupaten/kota se-Provinsi NTB, Para Assisten Setda,Kepala Instansi Pertikal di KLU, Tokoh masyarakat, undangan lainnya. 

Bupati Djohan menyampaikan bahwa Kantor Dinas Dukcapil merupakan kantor pertama yang direnovasi pasca gempa,dikarenakan pelayanan adminduk sebagai dasar dari beberapa pelayanan masyarakat. 

Di hadapan Dirjen dan undangan Bupati Djohan membeberkan kondisi geografis KLU dengan luas wilayah 809,53 KM2, dengan jumlah penduduk sebanyak 262.419 jiwa dengan rincian penduduk wajib KTP elektronik sebanyak 183.794 jiwa telah terealisasi untuk perekaman sebanyak 99,16 persen kemudian untuk anak usia 0-16 tahun sebanyak 78.624jiwa dengan 75 persen telah memiliki KIA.

“Atas nama pribadi dan pemerintah daerah saya mengucapkan selamat atas telah rampungnya pembangunan Kantor Dinas Dukcapil KLU, hal ini sebagai bukti dari komitmen Pemda untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,”katanya.

Sementara itu Dirjen Dirjen Dukcapil Kemendagri RI Teguh Setyiabudi menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih pada pemerintah daerah atas suport yang luar biasa terhadap pelaksanaan pelayanan Dukcapil di Kabupaten Lombok Utara.

“Dengan diresmikannya gedung baru, kinerja Dinas Dukcapil akan semakin membaik dan meningkat dalam memberikan pelayanan adminduk pada masyarakat,”harapnya. 

Lebih lanjut kata Teguh yang sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Bina Bangda Kemendagri ini, dimana pelayanan adminduk menjadi dasar dari pelayanan publik lainnya, hal tersebut karena pelayanan terhadap dokumen kependudukan mencakup 24 dokumen yang dapat mendukung pelayanan lainnya dalam sektor pelayanan masyarakat.

“Pelayanan adminduk ini harus dilakukan dengan cepat, ramah, tanpa diskriminasi serta gratis, kami tekankan pada Dukcapil Provinsi atau kabupaten/kota di NTB untuk melakukan pelayanan sesuai dengan aturan yang telah disepakati bersama,”tandasnya.

Dengan diresmikannya gedung Dukcapil dapat memacu untuk lebih baik dalam memberikan layanan bagi masyarakat, jumlah penduduk yang semakin hari semakin meningkat, namun tantangan yang luar biasa bukan hanya jumlah masyarakat yang makin banyak namun posisi geografis indonesia juga menjadi tantangan bersama.

“Dirjen Dukcapil Kemendagri melakukan penguatan-penguatan membangun sarana dan prasarana yang terbaru sehingga gangguan terkait pelayanan dapat dikurangi,” tuturnya. 

Dalam pada itu Kadis Dukcapil KLU H. Rubain S.Sos.,M.Si menuturkan bahwa Kantor dinas Dukcapil KLU merupakan salah satu bukti dahsyatnya gempa bumi yang melanda lombok beberapa tahun lalu, namun seiring waktu secara perlahan pembangunan dan perbaikan dilakukan mulai dari dana 200 juta pada 2021 Dukcapil melakulan rehab, kemudian disusul pada tahun 2022 dengan anggaran sebanyak 200 juta yang berasal dari APBD melakukan renovasi pada bagian sayap bangunan, dan pada tahun 2023 pemerintah kembali menganggarkan dana sebanyak 2M untuk penantaan interior, pelafon dan beberapa hal lainnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerakan bingkisan berupa 6000 belangko KTP Elektronik oleh Dirjen Dukcapil kepada Kadis Dulcapil KLU.(sha)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *